Kenapa Tanggal Haid Sering Maju Mundur? Inilah Penyebabnya

Kenapa Tanggal Haid Sering Maju Mundur? Inilah Penyebabnya

Kenapa Tanggal Haid Sering Maju Mundur? Inilah Penyebabnya - Berbagai keluhan mengenai ‘tamu bulanan’ tentu telah akrab di dalam keseharian wanita. Salah satunya adalah tanggal haid yang maju atau mundur.


Siklus haid yang normal berjalan tiap-tiap bulan, tepatnya pada 21–35 hari selama 2–8 hari. Haid tandanya bahwa organ intim wanita bekerja bersama dengan baik. Tetapi tak jarang siklus ini datang lebih cepat atau justru terlambat.

Jangan risau dulu, ketahuilah empat hal yang bisa mengakibatkan siklus haid maju-mundur:

Stres

Pernahkah kala bakal hadapi ujian atau pekerjaan kantor yang menumpuk, lantas siklus haid Anda malah maju atau mundur? Tanpa disadari, stres bisa pengaruhi siklus haid Anda. Stres di sini tidak hanya di dalam konteks psikis, tapi terhitung fisik seperti pascaolahraga berat.

Pola makan

Terlalu banyak konsumsi junk food atau justru asupan nutrisi yang amat tidak cukup bisa mengganggu keseimbangan hormon kewanitaan.

Sebagai contoh, pada penderita anoreksia problem haid nyaris tetap muncul. Ini dikarenakan kuantitas keseluruhan lemak tubuh yang diperlukan sekurang-kurangnya 17–22% untuk bisa berjalan siklus haid yang normal.

Metode KB

Jika Anda tengah di dalam kontrasepsi, bisa menjadi ini penyebab siklus haid yang maju atau mundur. Beberapa metode KB hormonal seperti suntik KB bisa mengakibatkan siklus haid tidak teratur, apalagi berhenti di dalam lebih dari satu bulan pemakaian pertama.

Hal ini dikarenakan mekanisme kerjanya yang menginterupsi siklus memproses hormon di dalam tubuh. Namun, problem haid akibat KB hormonal bukanlah suatu hal yang mesti dikhawatirkan, terkecuali disertai keluhan lain seperti nyeri perut hebat.

Menopause

Menopause kebanyakan berjalan pada usia 43–57 tahun, tapi gejalanya bisa diawali sampai 10 tahun sebelumnya.

Pada era pramenopause, siklus haid bisa menjadi tidak tertib (umumnya mundur atau terlewat). Jika Anda berada di dalam usia menjelang menopause, kemungkinan ini penyebab tidak teraturnya siklus haid Anda.
Selain empat penyebab di atas, tetap terdapat lebih dari satu pemicu maju-mundurnya siklus haid seperti penyakit PCOS dan lain-lain. Jika problem siklus haid Anda telah berjalan selama lebih dari satu bulan atau disertai keluhan lain, mau berkonsultasi ke dokter spesialis kandungan.